Home Wirausaha 6 Hal Yang Membuktikan Startup Anda memiliki Model Bisnis yang Baik
0

6 Hal Yang Membuktikan Startup Anda memiliki Model Bisnis yang Baik

6 Hal Yang Membuktikan Startup Anda memiliki Model Bisnis yang Baik
132
0

Tahukah Anda bagaimana caranya meyakinkan diri Anda sendiri bahwa bisnis yang dimulai benar-benar layak dijalankan? Ketika revenue yang diperoleh belum melebihi pengeluaran usaha, Anda harus benar-benar tahu dan yakin bahwa usaha Anda ini benar-benar akan berkelanjutan.

Ini dapat Anda ketahui ketika usaha Anda yang menghasilkan produk atau solusi yang dijual ke pelanggan dengan harga tertentu. Pelanggan tersebut merasa puas dengan nilai yang diterima. Dan terjadi order berulang. Maka Anda dapat meyakini diri Anda atau Investor bahwa bisnis Anda memang memiliki model bisnis yang layak dan berkelanjutan.

Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk dapat mengetahui bahwa bisnis Anda memang layak? Berikut adalah beberapa prinsip dasar yang akan meningkatkan peluang Anda dan membuat Anda di jalur yang benar:

  1. Sadari bahwa Anda bukanlah pasar.
    Semangat untuk berbisnis bukanlah salah satu kunci bisnis Anda akan berhasil. Anda terlebih dahulu harus lakukan riset pasar. Minta masukan dari beberapa orang yang telah menjalankan bisnis seperti Anda. Lakukan analisis pesaing, siapa saja pesaing Anda, apa yang mereka lakukan. Dengarkan apa yang diinginkan pelanggan potensial Anda. ini bisa anda lakukan melalui media sosial. Dari semua itu, ukurlah peluang Anda untuk bisnis tersebut.
  2. Mulailah Menjual sebelum Anda Memulai Bisnis.
    Marketing adalah segalanya hari ini. Jika Anda menunggu untuk memulai pemasaran sampai produk Anda adalah final, Anda akan sulit menemukan momen berharga untuk masuk ke dalam industri tersebut. Atau bahkan mungkin kesempatan baik akan hilang.
  3. Rencanakan Model “Revenue Stream” Anda.
    Ketika Anda memulai bisnis, segera tentukan dari mana Anda mendapatkan uang atau revenue. Di mana dan kapan Anda mendapatkan uang. Buatlah tahapan dan ukuran dan kerjakan sesuai rencana. Ingat, bisnis Anda membutuhkan uang untuk berjalan.
  4. Metode Pemasaran “Dari mulut ke mulut” Tidak Cukup memadai untuk Menghasilkan Penjualan.
    Walaupun Internet memiliki jangkauan yang luas dan gratis, Internet tidak cukup untuk melakukan penjualan dan marketing. Anda perlu menjalin hubungan dengan partner dan inisiatif yang layak untuk melakukan pemasaran dan promosi.
  5. Customer Support Bukan Hanya Menangani Keluhan.
    Pelanggan akan sangat senang bila mereka mengetahui siklus proses produk secara detail, Memahami fitur produk, harga, pengembalian dan penanganan masalah. Sebuah proses yang detail dengan mengikutsertakan karyawan serta anggaran yang memadai adalah sebuah kewajiban dari sebuah model bisnis yang layak.
  6. Setiap Orang Harus Menjadi Bagian dari Proses Penjualan.
    Jangan beranggapan bahwa hanya karyawan yang berhadapan dengan pelanggan yang harus memahami penjualan. Tapi seluruh tim yang terlibat harus memiliki pola pikir bahwa pelanggan adalah kunci dari model bisnis Anda bukan hanya teknologi atau akuntansi.

Jadi, mulailah bisnis Anda dan bangun kredibilitas agar memiliki bisnis yang berkelanjutan. Jangan lewatkan momentum yang baik untuk bisnis Anda.

(132)