Home Gaya Hidup 12 Fakta tentang Payudara yang Harus Kamu Ketahui
0

12 Fakta tentang Payudara yang Harus Kamu Ketahui

12 Fakta tentang Payudara yang Harus Kamu Ketahui
109.51K
0

Payudara adalah bagian organ tubuh wanita yang sangat spesial. Payudara terdiri dari lemak, kelenjar susu, kolagen, serta jaringan ikat yang membuat payudara menjadi elastis dan kuat. Ada banyak teori mengenai payudara yang beredar di masyarakat luas mulai dari cara-cara membesarkan payudara hingga ukuran payudara. Tetapi, apakah teori-teori tersebut benar?

  1. Jika Sering Dipijat Payudara tidak lebih besar  tetapi lebih kencang
    Banyak mitos yang beredar salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memijat payudara. Nyatanya, hal ini tidak benar lho. Memijat payudara baik untuk mengalirkan darah ke daerah dada. Memijat payudara membuat jaringan-jaringan kulit dan membuat dada menjadi lebih kencang. Ingat, menjadi lebih kencang, bukan lebih besar.
  2. Berat badan bertambah, Payudara belum tentu bertambah besar
    Kebanyakan orang berpendapat seiring bertambahnya berat badan maka payudara pun akan bertambah besar. Rata-rata payudara mengandung empat hingga 5% dari jumlah keseluruhan lemak tubuh dengan berat sekitar 500 gram. Hal ini belum sepenuhnya benar karena setiap orang mempunyai efek yang berbeda-beda, ada yang menyebar rata ke beberapa bagian tubuh, ke perut, pipi maupun payudara.
  3. Rata-rata ukuran payudara berhenti Tumbuh setelah umur 20-an
    Ternyata tidak juga lho. Rata-rata ukuran payudara wanita tidak akan berubah setelah mencapai usia 20-an. Bisa saja ketika kamu SMA ukuran-mu cup A, ketika kuliah akan bertambah menjadi cup B ataupun C.
  4. Ukuran payudara sebelah kiri dan kanan memang tidak simetris
    Pada kenyataannya ukuran payudara sebelah kiri dan kanan memang tidak simetris. Menurut hasil penelitian, 65% wanita mempunyai payudara sebelah kiri yang lebih besar dibandingkan dengan payudara sebelah kanan. Tepatnya lebih besar 39.7 milimeter dibandingkan payudara kanan. Begitu pula dengan seluruh bagian tubuh kita lainnya, sisi kiri dan kanan tidak pernah simetris. Jadi, baik tidur miring maupun tidak bukanlah penyebab payudara tidak sama.
  5. Tidak semua pria suka dengan wanita berdada besar
    Tidak semua pria suka dengan wanita berdada besar. Hal ini tergantung dengan selera masing-masing dari pria itu sendiri. Tapi pada intinya, setiap pria selalu merasa tertarik dengan payudara baik besar maupun kecil.
  6. Tidak semua benjolan adalah kanker
    Mulailah membiasakan diri untuk melakukan pengecekann payudara setiap bulan. Ini akan membuat Anda lebih mengenali bentuk payudara. Sehingga, ketika payudara dalam kondisi tidak normal, misalnya muncul benjolan atau ada perubahan lainnya, Anda akan cepat mengetahuinya.
    Namun, yang perlu diketahui, tidak semua benjolan adalah kanker. Jadi, jangan langsung panik saat menemukan benjolan di sekitar payudara. Yang harus dilakukan adalah hubungi dokter segera untuk memeriksakannya, tapi kebanyakann benjolan di sekitar payudara sifatnya jinak.
  7. Pilih bra yang tepat dan berkualitas
    Bra berkualitas baik adalah hal penting bagi kesehatan payudara. Apalagi, jika ukuran payudara Anda sangat besar. Pilih bahan katun yang menyerap keringat, pastikan ukuran bra sesuai dengan ukuran payudara Anda. Hindari memilih ukuran bra yang lebih kecil ataupun yang lebih besar. Ukuran bra yang tepat, akan menyangga payudara dengan baik.
  8. Penyebab payudara mengendur
    Tahukah Anda, merokok dapat merusak ligamen di sekitar payudara? Berat badan dan perubahan hormonal juga dapat menyebabkan payudara kendur. Karena itu, ada baiknya hindari penurunan berat badan secara dratis. Lakukan diet sehat dan olahraga agar payudara tetap sehat.
  9. Tanda kehamilan dapat dilihat dari perubahan payudara
    Salah satu tanda kehamilan adalah payudara yang semakin membesar, karena siap untuk proses menyusui setelah bayi lahir nantinya. Di awal kehamilan, ukuran payudara terus membesar, bahkan pembesarannya lebih cepat ketimbang bagian perut.
  10. Rambut areola
    Bagian areola berambut? Tenang, ini hal normal kok. Memang ini tak terjadi pada semua wanita, biasanya ini terjadi pada mereka yang tubuhnya ditumbuhi banyak rambut halus. Annda bisa melakukan laser treatment untuk menghilangkan bulu-bulu halus di sekitar areola.
  11. Ukuran berbeda
    Sama seperti tumbuhnya bulu halus di sekitar areola, ukuran payudara kanan dan payudara kiri yang berbeda juga adalah hal normal. Anda perlu melakukan pemeriksaan, jika ukuran payudara tiba-tiba berubah. Pada dasarnya, olahraga pun takkan membuat ukuran payudara Anda berubah. Perubahan akan sedikit terjadi, jika Anda mengalami kenaikan berat badan. Tapi, jika Anda ingin membuat tampilan payudara terlihat lebih besar, Anda bisa memilih jenis push up bra dengan cup yang sesuai dengan ukuran payudara.
  12. Berat payudara
    Pernahkah Anda bertanya-tanya, berapa berat payudara Anda? Rata-rata berat masing-masing payudara adalah 0,5-1 kg.
  13. Rutin cek payudara
    Kapan waktu terbaik melakukan pemeriksaan payudara? 3-5 hari setelah periode menstruasi. Pada masa tersebut, biasanya hormon premenstrual sudah berlalu, sehingga minim kemungkinan adanya benjolan yang disebabkan oleh hormon. Periksa dalam berbagai posisi, mulai dari tiduran, duduk di kursi, hingga berdiri di depan cermin.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan bra yang bisa menyangga payudara dengan baik, terutama payudara berukuran besar. Sedangkan, bagi Anda yang berpayudara kecil tak perlu khawatir, terpenting adalah payudara dalam kondisi sehat dan Anda nyaman dengan tubuh Anda sendiri.

(109513)