Seasoning: Cara Membuat Wajan Biasa Menjadi Anti Lengket

Ingin wajan biasa anda anti lengket, ikuti caranya dan beberapa tips agar wajan tetap anti lengket

0
122

Jika wajan teflon itu sudah tidak atau anti lengket itu sudah biasa. Tetapi kalau wajan biasa menjadi anti lengket itu luar biasa. Wajan biasa bisa juga lho memiliki lapisan anti lengket. Disamping itu teknik ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Budaya kuliner Cina itu telah melakukan teknik ini. 

Nah sekarang bagaimana caranya  agar wajan biasa menjadi bisa memiliki lapisan anti lengket.

  1. Pastikan wajan yang sudah dalam kondisi bersih ya. Tidak ada sisa-sisa masakan yang menempel di wajan ini. Pastikan dia sudah dalam kondisi bersih 
  1. Wajan akan kita panaskan sampai dia benar-benar dalam kondisi panas. Panaskan terus dan wajan ini akan sedikit berubah warna. Kita bolak-balik lagi kita geser-geser lagi. Untuk memastikan semua bagian-bagian wajan udah panas. Wajan yang tadinya putih mulus ini akan berubah agak hitam artinya dia sudah panas sekali.
  1. Tuang segelas air dan sampai semua bagian tersiram air panas. airnya akan langsung mengering karena wajan sudah panas sekali. Selanjutnya air dibuang 
  1. Panaskan lagi wajannya dan dibolak-balik lagi. kemudian tuangkan sedikit minyak goreng pastikan semua bagian-bagian wajan terkena minyak. kemudian minyaknya dibuang kemudian dikeringkan. 

Setelah kering ulang proses ini sampai 2 – 3 kali untuk memastikan lapisannya sudah benar-benar ada dan terbentuk di tahap pertama itu.  Panaskan Kemudian tuang air kemudian Panaskan lagi uang minyak itu satu kali ya satu tahap ini 

Silakan Anda tes wajan tersebut apakah sudah tidak lengket atau belum dengan cara misalnya menggoreng telur.

Tips Agar Wajan Anti Lengket bertahan lama

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya wajan seperti ini anti lengket nya bisa bertahan lebih lama simak ya 

Tips Pertama 

Setelah dipakai wajan jangan dicuci pakai sabun ya. apalagi digosok dengan keras itu akan merusak lapisan anti lengket yang sudah kamu buat. 

Nah terus bagaimana cara membersihkannya. Setelah kamu pakai buang sisa minyak dan bersihkan dengan tisu atau kain bersih. Kemudian tuang lagi sedikit minyak goreng untuk membersihkan sisa-sisa masakan sebelumnya kemudian lap dengan tisu atau kain bersih dengan cara Ini sisa aromanya tidak akan menempel.

Tips Kedua 

Simpan wajah di tempat yang kering jangan pernah menaruh di atas batu cucian atau merendamnya terlalu lama ya.

Tips Ketiga 

Pastikan wajan sudah dalam kondisi panas sebelum kamu gunakan untuk menggoreng terakhir. Pemanasan wajan akan membunuh bakteri yang menempel pada wajan

Tips Keempat 

Sebaiknya kamu pisahkan wajan yang akan kamu pakai untuk menggoreng dengan wajan yang dipakai untuk menumis. ini juga membantu supaya lapisan anti lengket nya nggak cepat rusak Nah itu dia cara membuat penggorengan biasa jadi anti lengket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here