Tuesday, October 26, 2021
spot_img

Strategi Efektif Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Bagaimana Anda menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis? Bingung? apa saja yang harus dilakukan ketika akan men-transformasi bisnis anda ke dunia digital/online?

Di masa kini, Bisnis Anda harus melakukan penyesuaian agar tidak ditinggalkan para pengguna produk. Pengguna produk mulai beralih ke dunia digital, dan perlu diketahui pula bahwa pengguna internet di Indonesia sudah melebih dari 150 juta orang. Jadi, Anda harus mempersiapkan diri dan memiliki strategi digital marketing untuk bisnis anda. Pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan upaya pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan melalui platform media digital seperti website, email, whatsapp, telegram, dan social media platform seperti facebook, instagram, twitter dll. Tujuan dari pemasaran digital ini untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi.

Beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan Digital marketing atau pemasaran digital

  • Dapat diterapkan hampir semua jenis bisnis
  • Apa yang dilakukan itu lebih terukur sehingga kita dapat mengevaluasi nya dengan cepat
  • Mampu menjangkau target konsumen spesifik
  • Dapat membangun dan mempertahankan brand Anda

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan ketika membuat strategi digital marketing

Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan google yang menampilkan profil bisnis Anda secara instan di halaman pencarian. Mulai dari alamat perusahaan, jam operasional, hingga rating bisnis. Dengan Google Bisnisku, konsumen bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah. Anda bisa menampilkan review terbaik dari konsumen Anda sebagai sarana promosi dalam strategi digital marketing.

Whatsapp Bisnis

WhatsApp sebagai aplikasi pengiriman pesan sangat populer di Indonesia. Dengan pengguna yang cukup banyak, dapat kita manfaatkan sebagai salah satu strategi dalam digital marketing. Whatsapp yang kita gunakan tentunya whatsapp versi bisnis.
Whatsapp bisnis memiliki fitur khusus yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis seperti profil bisnis, katalog produk, Statistik pesan dan lain-lain.
Untuk menggunakannya, Anda bisa mendownload aplikasinya, lalu melengkapi profil bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan pengaturan lain yang sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Website

Website dapat merepresentasikan bisnis Anda di dunia digital. Jadi, ketika anda akan terjun ke digital tanpa memiliki website seperti ada yang kurang. Jika belum punya, Anda bisa pikirkan lagi

Email Bisnis

Email bisnis akan membuat anda terlihat profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan anda. Anda sebaiknya tidak lagi menggunakan email namabisnis@gmail.com. Gunakan domain bisnis anda sebagai entitas online bisnis anda.

Optimasi SEO untuk Website Anda

Jika anda memiliki website, Anda juga perlu optimasi SEO (search engine optimization) agar website anda dapat muncul di google search. Dengan seringnya kemunculan website anda muncul di Google, kemungkinan pengunjung lebih banyak datang semakin besar.

Menjalankan Social Media Marketing

Anda dapat mengandalkan media sosial dalam mempromosikan dan berinteraksi dengan pelanggan. Mengapa media sosial media cukup penting sekarang ini?
Alasannya adalah pengguna internet indonesia sangat aktif di media sosial dengan jumlah lebih dari 160 juta orang. Jadi media sosial sarana tepat untuk mendapatkan pelanggan dan berinteraksi dengan mereka.

Demikian enam dari sekian banyak strategi yang dapat Anda lakukan dalam merumuskan digital marketing. Kami akan menambahkan strategi-strategi yang lain sebagai kelanjutan artikel ini.

Membangun promosi untuk bisnis anda di dunia digital memang tidak mudah. Ada banyak cara dan tools yang dapat Anda gunakan, namun Anda tetap perlu diperhatikan mana yang cocok dengan bisnis Anda.
Satu hal yang perlu diketahui, di dunia digital semua dapat terukur. Apa yang dilakukan dapat dibuat KPI sebagai tolok ukur kegiatan yang anda lakukan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,038FansLike
2,994FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles