Wednesday, May 12, 2021
spot_img

Optimasi SEO Jitu, Tingkatkan Trafik dari Google Search dengan Cepat

Banyak pemilik website atau blog bertanya-tanya bagaimana meningkatkan trafik dari Google Search dengan cara yang murah meriah melalui optimasi SEO (Search Engine Optimization). Tapi tidak hanya trafik yang meningkat tapi juga revenue meningkat seiring dengan pertumbuhan pageview website. Nah, melalui tulisan ini kami mengajak teman-teman pemilik website atau blog meningkatkan trafik sekaligus revenue melalui tiga cara yang bisa dilakukan:

  1. Riset Keyword
  2. Mengoptimalkan SEO on Page
  3. Mengoptimalkan SEO off-Page

Mari kita mulai dari yang pertama

1. Riset Keyword

Dari frase kata itu terdiri dari dua kata, Riset dan Keyword. Riset merupakan kegiatan untuk mencari sesuatu yang tepat dan cocok sedangkan keyword merupakan kata kunci yang menjadi topik website atau bahasan artikel. jadi riset keyword adalah kegiatan mencari keyword yang tepat dalam membuat artikel dalam website kita. Cara paling mudah dalam mencari kata kunci atau keyword adalah dengan memperhatikan website lain seperti blog pesaing atau pun website mainstream yang besar topik yang sedang ramai dibicarakan.

Cara yang ke-2 adalah dengan merujuk pada tools yang disediakan Google yakni Google trend . Google tren dapat digunakan untuk mencari isu atau topik yang banyak dicari oleh pengguna google search per hari ini, atau mingguan, bulanan atau bahkan setahun. Jadi gunakanlah fitur ini untuk mendapat ide topik yang akan dibuat dalam menulis.

Cara ke-3, setelah mendapatkan ide keyword kita juga harus mengkonfirmasi keyword itu cocok atau tidak. Apakah tolok ukur keyword itu cocok atau tidak dapat kita uraikan sebagai berikut:

  • Kesesuaian dengan tema website
  • Berapa banyak keyword itu telah dicari
  • Berapa banyak website yang membicarakan topik tersebut. Pastikan juga apakah website besar yang sedang memainkan keyword tersebut.
  • Berapa sih potensi revenue dari keyword tersebut, anda bisa lihat data ini dari nilai harga CPC di Google adwords (cost per click)

Tolok ukur itu akan mempengaruhi tingkat kesulitan artikel anda akan muncul di google search. Anda harus benar-benar fokus dalam melakukan riset keyword ini agar artikel yang dibuat dapat sampai ke pembaca.

Selain Google tren, Anda masih memiliki satu tools lagi yang disediakan google, yakni Google Search Console. Tools ini juga dapat membantu anda untuk melihat performance website anda mulai dari google search, Discover, dan google news. Keyword-keyword pencarian yang muncul dan mendatangkan trafik untuk website dapat anda lihat disini. Google Search Console menyediakan data yang dapat dianalisis untuk website anda.

2. Optimasi SEO on-Page

Jika anda berpikir SEO on Page hanya optimasi dari sisi HTML website, mungkin anda keliru besar. Memang, salah satu kegiatan optimasi ini adalah memperbaiki HTML, dan kita memperbaiki beberapa snipet yang sesuai dengan yang google tentukan dalam dokumentasinya seperti tag <H1></H1>, meta data, schema snippet.

Yang paling penting adalah bagaimana kita membuat artikel dalam website itu membantu menyelesaikan masalah user/pembaca bukan hanya untuk mesin google agar bisa tampil di halaman pertama dan urutan pertama. Ciri artikel yang mengikuti aturan google SEO adalah

  1. Tidak melakukan Duplikasi artikel baik itu dari artikel sebelumnya maupun duplikasi dari website lain
  2. Judul artikel sesuai dengan konten artikel yang dibahas
  3. Judul berisi keyword utama artikel
  4. Artikel memiliki link-link terkait ke artikel sebelumnya yang sesuai/relevan dengan topik yang dibahas dalam artikel utama.

3. Optimasi SEO off-Page

setelah kita membuat artikel yang sesuai dengan kaidah SEO, kita perlu menyebarkan artikel itu ke media sosial dan beberapa website agregator di tempat lain. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar Google mendapat sinyal bahwa artikel ini menarik bagi user/pembaca. Disadari atau tidak, Google akan mendeteksi jika artikel itu banyak dibaca melalui google chrome.

Strategi optimasi ini sebaiknya dilakukan dengan baik dan ingatlah optimasi ke-3 ini memiliki risiko yang besar terhadap website anda. Risiko terbesar adalah reputasi anda menjadi drop dan artikel anda tidak muncul di google search karena anda salah memilih website dalam penyebaran artikel Anda

Nah, sekarang semua berpulang kepada Anda, Bagaimana Anda dapat meningkatkan trafik website dengan diringi peningkatan revenue yang baik. Anda dapat melakukan peningkatan trafik website melalui tiga strategi besar yaitu pertama Lakukan riset keyword, kedua, Lakukan optimasi SEO on-page dan ketiga, optimasi SEO off-page.

Silakan mencoba dan semoga trafik anda akan meningkat. Dan tunggu update kami selanjutnya di website ini

Related Articles

Stay Connected

21,946FansLike
2,763FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles