Cara Mengusir Tikus dari Rumah

0
164

Tikus sudah menjadi momok karena sering ditemui di rumah dan cukup mengganggu. Tikus tidak hanya mengambil makanan, mengotori ruangan, merusak barang tetapi juga menyebarkan bibit penyakit.
Mungkin Anda sudah berkali-kali berbagai solusi untuk mengusir tikus ini, mulai dari menggunakan racun tikus, perangkap tikus bahkan mengejarnya, tapi kembali gagal.

Untuk mengusir tikus, mungkin Anda bisa mencoba dengan cara mencegah tikus itu datang ke rumah Anda. Nah, apa saja yang dapat mengundang tikus datang ke rumah adalah sebagai berikut.

  1. Tempat bersarang Tikus
    Berikut adalah bahan sarang yang menarik bagi tikus adalah kapas, koran bekas, kardus, dan tempat-tempat kotor lainnya.
    Jadi, Anda dapat meletakkan perangkap tikus di tempat itu dan akan lebih baik lagi kalau anda membersihkan dan merapikan tempat tersebut.
  2. Ikan dan Daging
    Tikus juga menyukai ikan dan daging selain makanan-makanan lain. Jika Anda ingin menangkapnya Anda bisa gunakan ikan dan daging dalam perangkap. Atau simpanlah makanan anda ditempat yang aman dan bisa dijangkau tikus.
  3. Lubang Kecil di Rumah
    Tikus memiliki tubuh yang fleksibel dan dapat masuk ke dalam lubang manapun meskipun sangat kecil. Jadi tutuplah lubang-lubang yang ada di rumah Anda, sekecil apapun lubang tersebut.
  4. Rumput
    Rerumputan bisa menjadi tempat yang baik untuk bersembunyi. Sampah daun atau puing-puing alami lainnya juga dapat menutupi tikus ini. Jadi sebaiknya bersihkan sampah di halaman rumah Anda.
  5. Dapur berantakan
    Dapur yang bersih bukan jaminan tikus tidak datang ke sana. Bersihkan tumpahan makanan seperti gula, beras, atau oat dengan cepat. Sedikit saja tumpahan itu ada di bawah lemari atau manapun akan menjadi undangan untuk tikus. Demikian pula, piring kotor di wastafel dengan sedikit makanan di atasnya dapat menjadi tempat yang menarik bagi tikus.
  6. Simpan Bahan Makanan di Wadah Kaca Kedap Udara
    HIndari menyimpan bahan makanan dalam kantong karton ataupun plastik tipis. Wadah tersebut merupakan bahan yang menarik dengan tikus. Tikus akan bisa melubangi plastik atau karton.
    Jadi simpanlah bahan makanan anda dalam kulkas atau wadah kaca kedap udara.

Demikian cara mengusir tikus dengan menghilangkan hal-hal yang disukai tikus. Yang paling utama dalam mengusir tikus adalah menjaga kebersihan dan kerapihan rumah Anda dan lingkungannya