GERD,  Jenis Penyakit Apakah itu? 

Sebenarnya ini bermula dari keingintahuan penulis ketika membaca standing banner di salah satu laboratorium ternama di ibukota.  Banner tersebut menggambarkan GERD dengan semua gejala-gejalanya.

Jadi,  apa sebenarnya itu GERD?

GERD sebenarnya adalah nama keren dari asam lambung 🙂 Gastroesophageal Reflux Disease yaitu suatu kondisi yabg disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Penyakit ini bermula dari tidak berfungsinya lingkaran otot bagian bawah kerongkongan bagian bawah atau LES (lower esophageal sphincter). LES ini merupakan pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman masuk ke perut. Setelah makanan masuk ke lambung,  LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut tidak naik kembali.

Pemeriksaan awal ini biasanya melalui prosedur endoskopi. Pemeriksaan ini berupa memasukan tabung fleksibel panjang dengan lampu dan kamera diujungnya melalui perut untuk melihat penyebab naiknya asam lambung dan melihat kondisi kerongkongan bila ada luka.

Cara paling mudah menyembuhkan penyakit ini ditahap awal adalah memakan makanan yang rendah lemak dan gizi dan menggunakan obat-obatan.  Jika masih berlanjut akan disarankan untuk dilakujan operasi.

Yang harus diwaspadai dari GERD ii adalah penyakit lanjutannya afau komplikasinya yaitu Esofagitis.  Peradangan pada dinding kerongkongan yang akan menyebabkan penderita sulit menelan karena timbulnya luka pada dinding kerongkongan.  Dan yang lebih parah lagi adalah kanker kerongkongan atau esofagus.

Jadi,  jangan remehkan GERD atau asam lambung ini ya…