Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

Tarif listrik yang terus menerus naik membuat kita harus merogoh kocek kita semakin dalam. Semakin banyak listrik yang digunakan, semakin banyak pula kita membayarnya.

Namun, kita masih bisa siasati dari mengurangi penggunaan listrik di rumah kita. Cobalah kita teliti lagi apa yang dapat menyebabkan penggunaan listrik menjadi tinggi.
Berikut beberapa tips yang dapat memberikan anda ide untuk melakukan penghematan penggunaan listrik di rumah. Berikut tipsnya:

  1. Televisi
    Televisi yang masih dalam posisi standby masih memakan daya listrik. Untuk itu, matikan TV dengan benar setelah menontonnya dengan cara mencabut colokannya.
    Anda juga dapat menggunakan terminal listrik bertombol on/ off agar Anda bisa langsung menekan off-nya saja untuk mematikannya. Selain itu, hidupkan TV Anda jika memang benar-benar Anda ingin menontonnya.
  2. AC
    Sebelum ruangan digunakan, ada baiknya Anda stabilkan terlebih dahulu suhu ruangan selama satu jam dengan menghidupkan AC di suhu tertentu, misalnya di suhu 24 derajat celsius.
    Apabila kemudian Anda ingin menurunkan suhu, lakukanlah setelah satu jam penggunaan pada suhu awal. Ingatlah bahwa setiap penurunan 1 derajat Celsius akan menambah penggunaan daya listrik sebesar 6 persen. Jadi, hindari terlalu sering menaik-turunkan suhu.
  3. Charger HP
    Kebiasaan menggantung charger telepon genggam atau handphone di colokan harus segera ditinggalkan.
    Tahukah Anda jika hal tersebut masih memakan listrik hingga 30 persen dari daya listrik normalnya? Untuk itu, cabut charger handphone setelah Anda mengecasnya.
  4. Kulkas
    Saat Anda menggunakan kulkas, lemari es, atau freezer, hindari memasukkan minuman dan makanan yang masih panas ke dalamnya.
    Lalu, atur suhunya sesuai kebutuhan, namun jangan terlalu rendah karena akan memakan energi listrik yang besar.
  5. Mesin Cuci
    Pergunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitas yang ditetapkan. Penggunaan yang melebihi kapasitas akan membutuhkan listrik  lebih banyak yang dibutuhkan motor listriknya.
  6. Gunakan Tandon Untuk Menyimpan Air
    Sebaiknya Anda gunakan tandon air untuk menyimpan air untuk kebutuhan sehari-hari. Hindari memasang fitur nyala otomatis pada pompa air listrik. Pompa air ini akan membutuhkan listrik lebih banyak ketika awal dinyalakan. Jadi, hindari pompa ini hidup dan mati terlalu sering.
  7. Setrika
    Belilah setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Ini akan mengurangi kebutuhan listrik. Karena setrika ini akan mati dengan sendirinya bila mencapai panas yang diinginkan
  8. Rice Cooker
    Gunakan air yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Cara ini dapat mempersingkat waktu memasak.
  9. Lampu
    Kurangi penggunakan lampu ruangan di siang hari. Manfaatkan sinar matahari untuk menyinari di dalam ruangan rumah Anda
    Gunakan lampu hemat energy.
  10. Komputer
    Gunakan monitor LCD atau LED untuk komputer Anda karena lebih hemat listrik daripada menggunakan monitor tabung.

Demikian beberapa hal yang dapat menghemat penggunaan listrik Anda.

CATEGORIES
TAGS
Share This