9 Cara Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Dalam dunia nyata kapanpun dan dimanapun Anda pasti harus selalu dapat beradaptasi dengan lingkungan terutama ketika Anda memasuki lingkungan yang baru. Termasuk didalamnya adalah lingkungan kerja baru ketika Anda telah berpindah ke kantor baru. Suasana, teman dan bahkan kantin baru akan Anda rasakan.
Hal ini mungkin bukan hal yang mudah, Anda diharuskan melakukan adaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam beradaptasi tapa terlihat berlebihan.

  1. Memperkenalkan Diri
    Tak perlu menunggu seseorang untuk memperkenalkan Anda, namun cobalah untuk memiliki inisiatif terlebih dahulu. Perkenalkanlah diri Anda ke beberapa rekan kerja Anda dan cobalah untuk berbicara lebih akrab. Perkenalan yang akrab akan membuat Anda dikenal baik oleh orang lain dan suasana kantor menjadi menyenangkan.
  2. Berlaku sopan dan baik
    Kadang, orang akan mudah curiga terhadap orang yang bersikap terlalu manis. Berlaku baik dan sopan ketika mendekati mereka akan membuat mereka berpikir Anda seorang yang profesional.
  3. Lakukan pengamatan, jangan tergesa-gesa memberi penilaian
    Anda harus melakukan pengamatan terhadap orang-orang baru. Mereka memiliki latarbelakang dan karakter yang berbeda. Jangan cepat menyimpulkan kepribadian seseorang dalam waktu sehari atau beberapa hari.
  4. Bersikap santai dan bercandalah tapi tidak kasar
    Humor selalu berhasil untuk mencairkan kebekuan ditempat baru. Namun berhati-hati lah, karena apa yang anda anggap lucu bisa saja dianggap kasar oleh orang lain.
  5. Hati-hati dengan lawan jenis
    Memang akan lebih mudah untuk berteman dengan lawan jenis di tempat yang baru. Wanita akan lebih mudah berteman dengan pria, tapi ada baiknya memulai berteman dengan sesama jenis di kantor yang baru.
  6. Bekerjalah dengan baik
    Jika anda bekerja dengan baik, secara alami hal ini akan meningkatkan rasa hormat teman kerja anda kepada anda.
  7. Jangan berlaku seperti tuan atau nyonya Terkenal
    Kebanyakan orang tidak menyukai posisi dimana orang baru dengan cepat menjadi pembicaraan di kantor. Jadi lebih baik jika anda lebih pelan-pelan untuk menjadi tuan atau nyonya terkenal di kantor.
  8. Jangan membandingkan dengan kantor lama
    Hindari selalu membandingkan teman kerja anda yang dulu dengan yang sekarang. Tiap orang memiliki caranya sendiri dalam berkomunikasi dan menyampaikan sesuatu. Jika anda tidak dapat akrab seperti dulu, minimal anda menjaga hubungan baik secara profesional.
  9. Berikan Tawaran makan siang
    Ajakan makan siang bersama atau permisi pada saat anda makan ataupun minum ketika anda tidak dapat berbagi dengannya. Etika seperti itu dapat membuat orang lain merasa diterima.

Di dalam sebuah dunia kerja, anda diharuskan bisa beradaptasi ke dalam berbagai situasi. Termasuk juga pada saat anda masuk pada lingkungan kantor yang baru serta rekan kerja yang juga baru. Hal ini memang bukanlah hal yang mudah bagi anda, namun setiap keadaan biasanya selalu berubah-ubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.