9 Cara Memulai Bisnis Online Anda Sukses

9 Cara Memulai Bisnis Online Anda Sukses

Bisnis online memang sedang booming sekarang. Dalam bisnis online, baik penjual maupun pembeli sangat dipermudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bagi penjual, mereka tidak perlu membuka lapak/toko atau bahkan sebuah outlet secara fisik untuk memajang barang dagangannya. Begitu pula dengan pembeli, cukup dengan mengklik barang yang dibutuhkan maka semua akan tersedia hanya dalam hitungan detik. Oleh karena itu, banyak orang-orang yang berlomba untuk mendapat keuntungan dari bisnis online yang sedang naik daun saat ini.

Walaupun semua begitu sederhana, menjadi seorang pebisnis online harus mempunyai strategi yang tepat. Jangan mudah tergoda untuk memulai bisnis online tanpa memiliki persiapan yang matang. Memulai sebuah bisnis online harus mengenali karakteristiknya secara tepat. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis online.

  1. Belajar dari Pengalaman
    Tidak ada salahnya mempelajari pengalaman para seller online shop yang sudah lama berkecimpungan di bisnis ini. Biasanya kita akan menemukan beberapa kekurangan yang bisa Anda perbailki di bisnis online Anda sendiri. Kata kuncinya adalah dengan mengamati dan menganalisa berbagai studi kasus mana toko online yang berhasil mana yang tidak.
  2. Cobalah mengenali kebutuhan calon konsumen Anda
    Pebisnis yang ingin memulai terjun bisnis online biasanya akan mencari produk yang belum pernah dipasarkan semata. Padahal untuk memulai bisnis, seorang pebisnis justru harus memikirkan siapa target pemasarannya. Dengan mengetahui target pemasaran sebuah produk maka Anda pun secara tidak langsung akan mengetahui semua kebutuhan yang diinginkan oleh target pasar. Oleh karena itu, Anda harus mampu mencari sebuah target pasar yang produktif sehingga nantinya lebih mudah untuk memasarkan produk kepada mereka.
  3. Mudah mempengaruhi pelanggan
    Menjadi seorang pebisnis online ataupun offline yang sukses bukanlah hal mudah. Sebagai seorang penjual maka Anda dituntut untuk lebih persuasif dimana Anda bisa mempengaruhi konsumen agar membeli sebuah produk. Anda harus jeli dalam melihat kebutuhan yang ada di pasar. Lalu, langkah selanjutnya adalah jelaskan kepada konsumen bahwa produk Anda merupakan solusi atas kebutuhan tersebut. Sampaikan kepada konsumen bahwa produk Anda memiliki kredibilitas dengan menunjukkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Jika konsumen sudah pernah menggunakan produk Anda maka mintalah sebuah testimoni sebagai rekomendasi kepada konsumen lain agar mau mencoba. Terakhir, jangan lupa untuk memberi garansi dan juga potongan harga untuk item tertentu. Dengan cara tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda.
  4. Kembangkan konsep bisnis yang jelas
    Semua jenis usaha sudah pasti memerlukan konsep yang matang untuk meminimalisir kerugian yang bisa bernilai jutaan bahkan puluhan juta.
    Lakukan Analisis SWOT (strength, weakness, oppurtunities, threat) untuk mengetahui kondisi bisnis anda baik internal maupun eksternal. SWOT sendiri adalah menilik kekuatan yang bisa memajukan bisnis, mengurangi kecacatan ataupun kelemahan dalam usaha, membaca peluang atau kesempatan dan melayani konsumen dengan baik.
    Misalnya : Anda sudah melakukan riset untuk produk baju gamis terbaru dan didapati ada beberapa situs terkait yang menjual produk serupa. Lalu Anda analisa dan amati, kira-kira apakah produk baju gamis yang akan Anda jual juga memiliki nilai tambah atau pembeda dengan produk pesaing.
    Jika sama, apakah Anda punya faktor lain yang bisa mempengaruhi keputusan orang untuk pada akhirnya memilih membeli produk di tempat Anda?
    Misalnya saja : faktor pelayanan atau biaya ongkir (ongkos kirim) yang bisa ditekan karena Anda bekerjasama dengan ekspedisi tertentu.
  5. Membuat website yang menarik
    Toko online hendaknya memiliki tempat untuk memajang produk yang ditawarkan kepada konsumen. Dalam menjalankan bisnis online, Anda sebaiknya memiliki sebuah website yang menarik. Website tersebut tentunya digunakan untuk memajang setiap produk yang ditawarkan kepada konsumen. Sebuah website akan menjadi pengganti dari sebuah toko yang biasa digunakan oleh pebisnis yang menjual produknya secara offline. Informasi yang lengkap dan jelas akan mempermudah konsumen untuk menemukan setiap produk yang dibutuhkannya. Jika Anda merasa tidak mampu membuat sendiri maka jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuat website yang profesional. Jangan sampai website Anda mempunyai tampilan yang asal-asalan dengan tujuan untuk menekan biaya pengeluaran. Pasalnya, konsumen tidak akan tertarik membeli sebuah produk jika tampilan website Anda kurang meyakinkan.
  6. Kepercayaan adalah yang utama dalam bisnis online
    Trust adalah kunci utama dalam bisnis satu ini. Tidak banyak orang yang ingin mempertaruhkan uang mereka untuk membeli barang di online shop yang belum dikenal. Maka dari itu kepercayaan harus tetap diprioritas agar konsumen tidak lari ke orang lain.
    Ini penting!
    Pelanggan tidak pernah melihat kita, yang mereka lihat adalah apa yang kita tawarkan melalui media online. Jika kita memperlakukan kepercayaan calon customer kita seadanya, maka penghasilan kita pun akan seadanya
  7. Anda adalah orang yang ahli dalam bisnis yang Anda geluti
    Anda tentunya pernah melihat sebuah iklan yang menggambarkan adanya seorang ahli penelitian untuk memastikan bahwa produk tersebut berkualitas. Bahkan, hal semacam ini sudah menjadi trend tersendiri dalam sebuah perkembangan bisnis. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang mencoba untuk mendapatkan rekomendasi agar produknya laku terjual. Oleh karena itu, Anda harus bisa meyakinkan pelanggan dengan menjadi seorang yang ahli dalam sebuah jasa atau produk yang ditawarkan. Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat artikel-artikel yang berisi tentang tips yang bermanfaat bagi pembaca. Kemudian, Anda bisa mulai bergabung dengan forum-forum yang membahas sebuah permasalahan yang sesuai dengan produk Anda. Lalu, tawarkan produk Anda yang merupakan sebuah solusi atas permasalahan tersebut. Tunjukkan pula kepada anggota forum bahwa produk Anda memang terbukti handal dalam mengatasi masalah tersebut.
  8. Lakukan kegiatan promosi untuk produk Anda
    Ecommerce-businessGunakan search engine untuk mendatangkan konsumen
    Bisnis online tak lepas dari traffic pengunjung melalui klik yang dilakukannya. Agar bisa mendatangkan konsumen dalam jumlah besar maka pay per click merupakan cara yang paling mudah. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda sudah menggunakan keyword yang tepat agar artikel yang ada pada website mudah teridentifikasi oleh google. Dengan cara ini maka website Anda akan selalu berada di page pertama google search dan akan menjadi rujukan bagi para pengguna internet lainnya. Langkah selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan google analytic untuk mengetahui informasi rating pencarian keyword yang telah digunakan selama ini. Jika sudah mampu memanfaatkan hal tersebut maka bisa dipastikan Anda sudah berada di jalur yang tepat dalam memulai sebuah bisnis online.
    Gunakan Facebook untuk beriklan
    Jejaring sosial bisa jadi media promosi paling murah bahkan gratis. Anda hanya perlu rajin-rajin membagikan halaman website Anda di setiap media sosial agar orang-orang mau mengunjunginya. Bukan tidak mungkin mereka tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
    Sebagai contoh, kita bisa menarik visitor dari facebook untuk melihat barang dagangan kita. Yap, tentunya kita harus mau mengeluarkan biaya promosi di facebook.
    Manfaatkan email dalam menjalankan strategi marketing
    Saat ini, sebuah email menjadi alat atau senjata ampuh dalam menjalankan strategi marketing. Sebagai penggguna internet aktif, Anda pasti sering sekali menemukan sebuah website yang meminta email subscribe. Hal tersebut merupakan sebuah kunci sukses dalam menjalankan strategi marketing. Betapa tidak, Anda bisa menawarkan sebuah produk secara personal melalui email yang dikirim oleh para konsumen. Anda bisa memberikan pemberitahuan adanya produk-produk terbaik melalui email yang dikirim oleh konsumen. Anda pun akan mendapatkan banyak manfaat dengan menjalankan email marketing ini. Hal ini tentunya akan berjalan dengan baik dan Anda akan mendapat banyak respon positif dari para konsumen. Selain itu, target pasar untuk menjual produk pun sudah terarah dan tergambar jelas. Karena bersifat lebih personal maka Anda akan mendapat banyak pelanggan setia yang akan mengikuti setiap perkembangan produk melalui email yang dikirimkan.
  9. Buatlah pelanggan menjadi loyal terhadap produk Anda
    Survey membuktikan bahwa konsumen akan selalu kembali setelah melakukan pembelian awal. Hal inilah yang bisa menjadi panduan bagi Anda untuk tetap mempertahankan konsumen yang kembali membeli produk Anda tersebut. Namun, Anda harus memiliki strategi yang tepat agar bisa mengikat untuk menjadi pelanggan tetap. Anda harus memberikan perhatian khusus untuk menciptakan pelanggan yang loyal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan potongan harga khusus pada pembelian produk-produk tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan voucher atau bingkisan hadiah yang didapat oleh pelanggan karena telah melakukan sejumlah pembelian produk. Anda juga bisa menawarkan produk lain yang bisa menjadi solusi atas kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan cara-cara seperti itulah Anda bisa menjadikan seorang pelanggan loyal terhadap setiap produk yang ditawarkan.
CATEGORIES
TAGS
Share This