Kebiasaan Tidur yang Bikin Gemuk

Kebiasaan Tidur yang Bikin Gemuk

Selain olahraga, tidur berperan penting dalam program penurunan berat badan. Seperti yang dilansir Pop Sugar, Berikut ini adalah beberapa kebiasaan tidur yang dapat membuat bobot malah melonjak.

  1. Kualitas tidur rendah
    Kualitas tidur rendah terjadi bila Anda sering terbangun di malam hari dan tidur siang terganggu walau Anda tidur tepat waktu. Kualitas tidur yang buruk juga bisa membuat seseorang menjadi cepat gemuk. Kualitas tidur seperti ini bisa disebabkan oleh kecemasan, stres, dan yang lainnya. Agar tidur lebih berkualitas, sebaiknya cobalah untuk merasa rileks sebelum Anda tidur. Matikan ponsel atau segala bentuk alat elektronik. Cobalah untuk melakukan meditasi singkat.
  2. Tidur bukan prioritas
    Banyak orang meremehkan waktu tidur mereka dan lebih memilih melakukan kegiatan lain daripada tidur. Padahal, kurang tidur juga bisa membuat orang lebih cepat gemuk. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Jika Anda terbiasa kurang tidur, Anda juga akan terbiasa mengonsumsi lebih banyak kalori yang membuat cepat gemuk.
  3. Bangun terlalu siang
    Kalau Anda termasuk orang yang suka bangun siang, maka segeralah ubah kebiasaan buruk tersebut. Sebaiknya biasakan diri Anda untuk senantiasa bangun dipagi hari dan lakukanlah olahraga yang ringan agar Anda tak merasa ngantuk dan bangun kesiangan serta usahakan untuk tidur lebih awal.
  4. Kebiasaan mengemil sebelum tidur
    Kebiasaan mengkonsumsi makanan atau mengemil dimalam hari adalah kebiasaan yang buruk. Banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk ngemil sebelum tidur. Mereka menjadi tidak bisa tidur apabila belum makan makanan ringan. Membiarkan kebiasaan semacam ini sudah tentu akan membuat Anda cepat gemuk sekaligus menyebabkan kebiasaan yang tak sehat karena kalori yang dikonsumsi setiap hari menjadi berlebihan.

Apakah Anda termasuk kedalam seseorang yang sering melakukan kesalahan di atas? Segera perbaiki saat ini juga. Cobalah untuk selalu memperhatikan kualitas dan waktu tidur Anda, jangan ngemil sebelum tidur, dan bangunlah lebih pagi untuk melakukan olahraga.

Sumber Foto: Huffingtonpost.co.uk

CATEGORIES
TAGS
Share This