9 Gejala Penyakit Ginjal Kronis yang Harus Anda Waspadai

9 Gejala Penyakit Ginjal Kronis yang Harus Anda Waspadai

Penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD)  adalah kondisi saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Kondisi ini bersifat permanen. Status CKD berubah menjadi gagal ginjal ketika fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir.

CKD adalah penyakit yang umumnya baru dapat dideteksi melalui tes urin dan darah. Gejalanya yang bersifat umum membuat pengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut.
Berikut ini merupakan 9 pertanda umum gagal ginjal kronis yang harus anda waspadai ketika adanya perubahan yang terjadi didalam tubuh seperti:

  1. Anda akan Mengalami Gangguan Pada Saat Berkemih (Buang Air Kecil)
    Gejala yang paling sering dapat dilihat ketika kegiatan buang air kecil yang berintesitas cukup jarang, seringkali air seni yang dikeluarkan sangat sedikit atau juga bisa cukup banyak. Tak jarang rasa sakit dirasakan oleh penderita terduga gagal ginjal. Saluran kemih yang terinfeksi dapat menimbulkan rasa panas dan seperti terbakar apabila infeksinya sudah cukup parah akan menyerang organ ginjal dan secara  otomatis akan membuat tubuh menjadi demam dan nyeri yang cukup menggangu pada bagian punggung.
  2. Selalu Amati urine Anda, Jika Terdapat adanya bercak seperti darah yang keluar bersama urine
    Ketika anda mendapati adanya kandungan darah yang terdapat dan keluar bersamaan dengan urine, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan secara medis secepatnya untuk segera dilakukan penanganan dan pencegahan dari akibat yang lebih fatal.
  3. Tubuh Anda akan Membengkak
    Pembangkakan pada tubuh seringkali ditimbulkan oleh adanya kerusakan pada ginjal. Fungsi ginjal yang seharusnya mengeluarkan sisa-sisa zat kotoran, racun dan limbah berbahaya dari dalam tubuh melalui saluran kemih yang berupa air seni, ketidakmampuan dari ginjal yang rusak ini tidak dapat mengeluarkan cairan tersebut sehingga terjadinya pembengkakan pada sekitar wajah, kaki dan tangan.
  4. Stamina dan Energi Tubuh Anda akan Mudah Lemah dan Drop
    Organ ginjal pada hakikatnya memproduksi dan menghasilkan sejenis hormon yang bernama eritropoietin. Hormon eritropoietin menjadi penyebab dari anemia dikarenakan sel darah merah menjadi menurun secara signifikan dan juga organ ginjal yang bermasalah menjadikan suplai oksigen ke tubuh pun ikut terhambat yang lama kelamaan membuat tubuh menjadi melemah dan gampang capek.
  5. Anda akan Mudah Bingung dan Pusing Kepala (Kurang Konsentrasi)
    Penyakit dari Anemia juga menjadi salah satu penyakit yang saling terkait dengan penyakit gagal ginjal yang secara tidak langsung sangat mempengaruhi dari peredaran atau pasokan oksigen didalam tubuh khususnya pada organ otak. Ketika otak keebutuhan oksigennya kurang terpenuhi maka seringkali timbul rasa pusing dan juga menjadikan penderitanya kurang konsentrasi ataupun bingung.
  6. Tubuh Anda Menggigil atau Kedinginan
    Rasa kedinginan yang disertai dengan menggigil merupakan tanda yang paling umum dirasakan terduga maupun penderita gagal ginjal. Meskipun keadaan sekitar yang cukup hangat bagi orang sehat. Kekurangan sel darah merah sangat mempengaruhi keadaan penderita gangguan gagal ginjal ini atau juga pielonefritis (infeksi pada ginjal).
  7. Kulit Anda akan Menderita Gatal – gatal
    Racun dan limbah yang menumpuk didalam tubuh, yang tidak dapat dikeluarkan oleh organ ginjal dari dalam tubuh menimbulkan rasa gatal yang terasa pada daerah sekitar kulit yang tak jarang juga menimbulkan ruam-ruam merah dikulit.
  8. Anda akan Merasa tidak Nyaman Pada Bagian Perut
    Perasaan tidak nyaman ini berupa mual yang disertai dengan muntah-muntah, hal ini diakibatkan oleh darah yang mengalami keracunan akibat darri racun yang tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh sebagaimana dari  fungsi organ ginjal normal. Kerusakan ginjal menjadikan kadar urea dalam darah meningkat, urea inilah yang diurai menjadi amonia yang bercampur dengan air liur atau saliva sehingga menimbulkan bau mulut.
  9. Anda Mengalami Kesulitan Untuk Bernafas
    Penderita gagal ginjal merasakan sulit untuk bernafas atau juga yang biasa dikenal dengan sesak nafas. Gangguan gagal ginjal ini menimbulkan penumpukan cairan pada bagian organ paru-paru. yang secara tidak langsung menekan dari organ paru-paru tersebut menjadi terdesak.

Cara Penanganan Gangguan Ginjal Kronis

Terdiagnosis mengidap CKD dapat membuat Anda dan kerabat merasa cemas. Berkonsultasi dengan dokter dan sesama pengidap dapat membuat Anda menemukan cara agar penyakit ini tidak mengambil alih hidup Anda.

Ini dikarenakan memang tidak ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Perawatan terhadap penyakit ini hanya berfokus memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit dan mencegah munculnya kondisi serius lain. Perubahan yang terjadi dalam sirkulasi tubuh membuat pengidap penyakit ginjal kronis menjadi lebih berisiko menderita stroke atau serangan jantung.

Pada sebagian orang, penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan ginjal berhenti berfungsi sepenuhnya. Kondisi ini disebut gagal ginjal stadium akhir (established renal failure/ERF). Perawatan cuci darah dapat membantu pengidap ERF agar tetap hidup. Proses kerja perawatan ini menyerupai ginjal buatan.

Agar Terhindar dari Gangguan Ginjal Kronis

Pengidap kondisi-kondisi tertentu yang berisiko mengarah ke penyakit ginjal kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan untuk mewaspadai perkembangan penyakit mereka. Perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, berolahraga teratur, dan menghindari kelebihan konsumsi minuman keras akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal.

CATEGORIES
TAGS
Share This