Tips Memilih Daging Kemasan Berkualitas

Tips Memilih Daging Kemasan Berkualitas

Berbelanja di supermarket sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat kota besar. Tidak terkecuali dalam membeli daging yang akan dikonsumsi. Beragam macam daging tersedia di supermarket tersebut. Konsumen hanya tinggal memilih jenis daging yang diinginkan. Daging yang terpajang memang disajikan dengan baik dan terlihat segar.

Kita sebagai konsumen tetap diharapkan untuk tetap jeli dan cermat dalam memilih daging yang akan di konsumsi. Ternyata, daging dalam kemasan pun belum tentu berkualitas baik. Salah memilih, daging akan cepat membusuk padahal awalnya tampak segar ketika terpajang di supermarket.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda dalam memilih dagingkemasan yang baik dan segar.

  • Warna
    Salah satu ciri fisik yang mudah terlihat adalah warna daging. Warna daging yang baik adalah yang berwarna merah segar pada permukaannya, beku sempurna di seluruh bagian. Jika warnanya gelap, tandanya daging tersebut sudah terpapar udara bebas.
  • Tekstur
    Daging kemasan yang masih segar, jika ditekan akan terasa kenyal atau keras. Jika ditekan, tidak akan tampak kerusakan akibat freezer. Kerusakan akibat freezer ditandai titik abu kecoklatan di permukaan daging yang disebabkan endapan udara yang terdapat di permukaan daging. Tanda tersebut harus dibuang saat daging diolah karena jika dimasak bagian tersebut akan menjadi kering dan tidak mempunyai rasa saat dimasak.
  • Bau
    Daging yang segar memiliki aroma yang segar atau biasa disebut bau daging

Perhatikan 3 Hal ini Saat Memilih Daging

Sebelum memutuskan membeli daging ada baiknya anda juga memperhatikan hal ini, yaitu

  1. Periksa tanggal pengepakan, penggunaan dan kadaluarsa
    Daging sebaiknya diolah atau dimasak atau dibekukan dalam waktu 2 hari setelah tanggal pembelian. Masaklah daging tersebut saat masih dalam masa penggunaan daging seperti yang tertera dala kemasan daging tersebut.
  2. Periksa Kemasan
    Pastikan kemasan daging tersebut dalam kondisi utuh dan tidak bocor dan tidak ada kerusakan. Bila ada kerusakan dikhawatirkan daging tersebut telah terkontaminasi.
  3. Pastikan kondisi daging dalam keadaan beku seluruhnya.
CATEGORIES
TAGS
Share This