Tips Menghindari Perselingkuhan

Tips Menghindari Perselingkuhan

Tahukah Anda, ada sebuah fakta bahwa lebih dari 70% pria dan 60% wanita pernah berselungkuh. Banyak sebab yang dapat memicu perselingkuhan. mulai dari sering cekcok atau konflik dengan pasangan. Adanya godaan dari luar. Apalagi, Anda lebih banyak di luar rumah dibanding di rumah. Hubungan dengan rekan kerja jauh lebih banyak dibanding waktu Anda di rumah.

Mempertahankan hubungan dengan pasangan yang telah dijalani adalah sebuah keharusan. Walau dalam perjalanannya, hubungan tersebut mengalami pasang surut. Konflik kecil maupun besar pasti akan menghadang hubungan Anda dan Pasangan.

  • Bersikap Jujur
    Jujur kepada hati nurani, kepada siapa kita bersandar, kepada siapa kita berbagi kebahagiaan dan kesedihan, kepada siapa rasa sayang sejati kita hendak berikan. Kalau Anda sudah memiliki jawabannya, berarti Anda telah memiliki “rambu” untuk tidak mendekati suatu “affair” yang bisa melukai perasaan pasangan Anda
  • Memegang Janji
    Komitmen yang pernah terucap dulu. Apakah janji tersebut benar-benar dari dalam/dasar hati atau hanya sebatas bibir? Kalau Anda masih ada keraguan, berarti Anda telah membuka celah bagi kehadiran orang ketiga.
  • Komunikasi
    Selingkuh

    Perselingkuhan (Foto: Istimewa)

    Komunikasi dua arah yang terbina dengan baik akan menciptakan suatu keadaan yang kondusif dengan pasangan Anda dan akan tercipta suatu keterbukaan dan saling memahami, saling pengertian dan kasih sayang diantara kedua belah pihak

  • Jangan Lengah
    Jika perasaan Anda mengatakan ada “Affair”, jangan ragu untuk menelusurinya. Sebab perselingkuhan yang berkepanjangan adalah bila pelakunya merasa aman.
  • Jangan Memberi Celah
    Bagaimanapun, Perselingkuhan itu terjadi karena ketidaksengajaan, karena kesamaan masalah, kesamaan visi, dan sebagainya. Untuk itu, jangan memberikan peluang bibit perselingkuhan untuk tumbuh subur di kehidupan Anda.
  • Tidak Ada Manusia yang Sempurna
    Bagaimanapun tidak ada manusia yang sempurna baik lahir maupun bathin. Kalau Anda merasa pasangan Anda tidak ada apa-apanya, cobalah kembali untuk lebih mengenalnya lebih seksama, karena setiap manusia itu memiliki kelebihan tertentu. Kadang kita tidak menyadarinya karena kita hanya memandangnya dari segi negatifnya. Coba kita lihat lebih mendalam, dan cobalah untuk mengembangkannya sehingga hal positif itu berguna dalam meningkatkan kualitas hubungan Anda berdua.
  • Saling Bercermin
    Ketika Anda berdua saling bercermin, coba katakan pada pasangan Anda. Apa yang dapat kita berikan untuk mengisi jiwa kita, sudah bahagiakah kita selama ini, adakah keinginan terpendam yang belum diungkapkan dan sebagainya
  • Instrospeksi Diri
    Ketika Anda telah berdiskusi, saling tukar pendapat, terlepas didapatkan titik temu ataupun tidak, hendaknya saling instrospeksi pada diri kita. Apa kesalahan-kesalahan kita, keinginan dan hambatan yang dihadapi.
  • Menjaga Rahasia
    Selingkuh yang indah itu konon selingkuh yang tak pernah tercium, terlihat dan terasa. Bila kita sudah terlanjur selingkuh atau telah mengetahui pasangan Anda selingkuh. Kuatkan tekad anda untuk tidak membicarakannya kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya. Dalam situasi ini, bohong sangat dianjurkan walau membohongi nurani tapi yang terpenting hubungan Anda dan pasangan bisa diselamatkan.
  • Berkonsultasi dengan Para Ahli
    Jika merasa sulit menghilangkan ‘duri’ dalam suatu hubungan jangan ragu untuk berkomunikasi dengan para ahlinya. Namun semua itu berpulang kepada Anda berdua. Kerena siapa lagi yang akan menyelamatkan hubungan Anda selain diri Anda sendiri dan pasangan

Nah, sekarang terserah Anda… Cobalah Anda sungguh-sungguh untuk menghindari perselingkuhan tersebut. Sekali Anda melakukannya maka Anda akan merasa bersalah dan tak nyaman dalam menjalani sisa perjalanan hidup Anda. Yang terpenting dalam berkeluarga bukan hanya bagaimana membuat buah hati Anda “bahagia” namun bagaimana Anda juga dapat membahagiakan pasangan Anda.

CATEGORIES
TAGS
Share This