Kenali Gejala Asam Lambung Tinggi Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Asam Lambung Tinggi Sebelum Terlambat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung yang tinggi, sudah tidak asing lagi bagaimana rasanya merasakan efek dari asam lambung tersebut. Bagi yang tidak memiliki masalah tersebut, beruntung lah Anda. Anda mungkin perlu mengetahui apa sih Asam Lambung itu? Apa saja gejala bila menderita Asam Lambung? Bagaimana cara mengatasi Asam lambung tersebut? Berikut adalah uraian mengenai asam lambung.

Asam lambung merupakan senyawa dengan rumus kimia HCl atau asam klorida. Senyawa ini bersifat asam. Kadar HCl dalam asam lambung adalah sekitar 0,5 persen dari total getah lambung. HCl berfungsi sebagai disinfektan atau pembunuh kuman dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. HCl juga merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan.

Fungsi lain dari asam lambung adalah untuk mempercepat reaksi antara air, protein, dan pepsin. Selain itu, asam lambung dapat mengendorkan pilorus, karena HCl bersifat asam dengan pH kurang lebih 1-3.Asam lambung berfungsi membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan. Pada dinding lambung terdapat lendir yang disebut mukus yang berfungsi melindungi lambung.

Asam Lambung Tinggi
asam-lambung-naikDi antara dada dan perut ada sebuah katup yang merupakan cincin otot yang memisahkan dada dan perut. Katup itu akan menutup kembali setelah makanan melewati katup tersebut. Katup ini disebut Lower esophageal sphincter (LES). Jika katup tersebut tidak menutup sempurna atau terlalu sering membuka, Asam dalam perut Anda dapat bergerak naik ke atas kerongkongan Anda. Hal ini dapat menyebabkan rasa panas atau nyeri dada terbakar. Jika gejala asam lambung ini anda alami lebih dari dua kali dalam seminggu. Anda kemungkinan memiliki penyakit reflux asam, atau juga dikenal dengan gastroesophageal reflux (GERD)

Asam lambung tinggi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

  • Makan makanan besar atau berbaring setelah makan
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Makan makanan berat dan berbaring telentang atau membungkuk di pinggang
  • Ngemil dekat dengan waktu tidur
  • Makan makanan tertentu, seperti jeruk, tomat, cokelat, mint, bawang putih, bawang, atau makanan pedas atau berlemak
  • Minum minuman tertentu, seperti alkohol, minuman berkarbonasi, kopi, atau teh
  • Merokok

Mengkonsumsi aspirin, ibuprofen, otot relaxers tertentu, atau obat tekanan darah

Apakah Gejala Penyakit Asam lambung?

Gejala yang sering dialami oleh orang yang memiliki masalah asam lambung adalah sebagai berikut:

  • Sakit seperti terbakar atau ketidaknyamanan yang mungkin bergerak dari perut Anda ke perut atau dada, atau bahkan sampai ke tenggorokan Anda
  • Regurgitasi: backing asam asam atau pahit menjadi tenggorokan atau mulut

Gejala lain dari penyakit asam lambung berlebih diantaranya adalah:

  • Perut Kembung
    Hal ini diakibatkan kadar asam yang ada di dalam lambung sangatlah tinggi dan kurangnya enzim pada alat pencernaan sehingga menyebabkan perut terasa kembung.
  • Tinja berdarah atau hitam atau muntah darah
  • Sering bersendawa
    Terus menerus bersendawa juga merupakan salah satu dari ciri-ciri asam lambung. Ketika mengalami kembung, bersendawa awalnya mungkin dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut. Namun kenyataanya, itu hanya untuk sementara. Beberapa saat kemudian, anda akan segera kembung lagi dan kembali terus-terusan bersendawa.
  • Disfagia – penyempitan kerongkongan Anda, yang menciptakan sensasi makanan terjebak di tenggorokan
  • Cegukan yang tidak keluar
  • Mual dan Muntah
    Terjadi akibat impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.
  • Susah buang air besar
    Susah buang air besar diakibatkan pola makan yang tidak teratur dan adanya gangguan pada pencernaan termasuk pada saluran pembuangan akhir seperti rektum dan anus.
  • Kepala Sering Pusing
  • Berkeringat tanpa alasan yang jelas
    Terkadang dikarenakan penyakit asam lambung yang parah bisa mengakibatkan berkeringat walaupun di ruangan yang dingin/berAC.

Asam lambung tinggi dapat menyebabkan penyakit lain. Asam memiliki sifar korosif atau dapat mengikis dinding lambung. Proses ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan, iritasi dan luka pada dinding lambung. Jika didiamkan dalam waktu lama, kondisi ini akan menyebabkan penyakit asam lambung ini menjadi kronis bahkan bisa menyebabkan kanker lambung atau kanker pencernaan.

Segera kenali dan antisipasi penyakit ini. Jangan abaikan karena Asam Lambung dapat menyebabkan penyakit yang jauh lebih berbahaya. Jangan lupa, ubah gaya hidup anda yang kurang baik. Asam lambung juga diantaranya disebabkan gaya hidup yang tidak sehat

CATEGORIES
TAGS
Share This