Perhatikan Ini Ketika Mengubah CV Anda

Jika Anda ingin mencari pekerjaan yang baru, Anda dipastikan harus mengirimkan CV atau Riwayat Hidup anda  kembali. Apakah anda masih menggunakan model CV yang lama? Atau akan membuat yang baru. Sebaiknya Anda perlu mengubah CV anda tersebut. Sesuaikan dengan kondisi anda sekarang. Anda sekarang adalah seorang profesional. Ceritakan pengalaman profesional anda yang baru dalam format CV anda yang baru. Berikut beberapa masukan yang perlu anda perhatikan dalam mengubah CV Anda.

  • Tidak perlu menuliskan tujuan
    Ketika anda melamar posisi pekerjaan, Anda tidak perlu memperjelas tujuan lagi bukan. Tujuan Anda sudah jelas, melamar salah satu posisi pekerjaan. Tapi Anda mungkin masih perlu menuliskannya dalam sebuah kesimpulan singkat
  • Buanglah pengalaman kerja yang tidak relevan dengan posisi yang anda lamar.
    Anda tidak perlu menuliskan pengalaman anda sebagai chef di restoran ketika anda melamar posisi technical support di sebuah perusahaan.
  • Tidak usah menuliskan hal-hal yang personal
    Mungkin anda sudah tidak perlu menuliskan status pernikahan, agama, atau nomor bpjs. Mungkin beberapa tahun lalu ini masih berlaku, tapi sekarang sudah mulai ditinggalkan. Jika perusahaan yang akan anda lamar, perlu data tersebut, pasti mereka akan bertanya kepada anda
  • Tidak perlu menuliskan hobi Anda
    Sebagian besar yang menginterview anda, tidak memperdulikan hobi anda juga. Apalagi hobi anda tidak ada relevansinya dengan posisi yang anda lamar. Kalau ada relevansinya, boleh anda tuliskan.
  • Tidak perlu menuliskan referensi
    Jika perusahaan yang anda lamar memerlukan seseorang sebagai referensi anda, mereka akan bertanya kepada anda. Dan sebaiknya bertanya dulu kepada orang yang anda pilih sebagai pemberi referensi bahwa dia mungkin akan di telpon.
  • Gunakan email yang jelas dan sedikit profesional
    Jika anda memiliki email cutebaby@yahoo.com atau pinkygirl@gmail.com, sebaiknya tinggalkan dan gantilah dengan yang lebih baik. Gunakan nama anda sebagai email anda.
  • Jangan menggunakan kontak bisnis anda sekarang
    Hal ini bukan hanya berbahaya, tapi sedikit “gila”. Tidak mungkin perusahaan anda sekarang, menelepon kantor anda sekarang.
  • Tidak perlu menuliskan gaji anda sekarang
    Anda sebaiknya tidak menuliskan gaji anda sekarang secara jelas dan jujur. Anda sebenarnya tidak perlu menuliskan gaji yang anda inginkan dalam CV. Pembahasan gaji, sebaiknya pada saat proses interview.
  • Hindarkan font-font “jadul”
    Jangan gunakan lagi times new roman atau serif. Font tersebut sudah ketinggalan jaman. Gunakan yang standard seperti sans-serif atau arial. Atau pilihlah font yang terlihat bagus tapi mudah dibaca
  • Tidak perlu menuliskan IPK/GPA anda
    Anda mungkin masih perlu menuliskan IPK anda bila anda cum laude dalam waktu 3 tahun. tapi kalo IPK dibawah 3.5 dan jangka waktu kuliah anda lebih dari tiga tahun sebaiknya tidak perlu dituliskan. Kecuali anda adalah fresh gaduate.

Pertimbangkan kembali dengan baik CV Anda, tuliskan yang akan dijual dari diri Anda. Selamat membuat mencari posisi yang baru di perusahaan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.