Cara Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” Saat Interview

Cobalah Anda mengingat saat-saat Anda sedang diinterview oleh perusahaan sekarang atau sebelumnya. Adakah pertanyaan khas yang mereka tanyakan? Mungkin karena terlalu banyak, Anda tidak menyadari bahwa ada pertanyaan-pertanyaan kunci yang menentukan bagi Anda.

Mungkin salah satu pertanyaan yang diajukan adalah “Silakan ceritakan mengenai diri Anda?” Atau apakah rencana Anda dalam satu atau dua tahun kemudian? Dan beberapa pertanyaan lain yang kadang menentukan.
Saat ini, kita akan membahas bagaimana menjawab pertanyaan pertama yakni “Silakan ceritakan mengenai diri Anda?” Ini bisa jadi pertanyaan yang paling sulit. Sekarang cobalah mengingat jawaban anda dahulu.

Dari beberapa pengalaman melakukan sesi interview, sebagian besar calon karyawan akan menjawab nama, tempat tanggal lahir, tinggal dimana sekarang, sedang kerja dimana dan lain-lain. Sebenarnya sebagian besar arah pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui siapa anda dari sisi profesionalitas anda selama anda bekerja atau kuliah anda.

Ketika anda diberikan pertanyaan tersebut, ada baiknya anda memberikan tiga hal ini dalam jawaban-jawaban anda.

  1. Ceritakan perjalanan karir anda secara padat dan singkat.
  2. Ceritakan pula pencapaian atau prestasi anda selama ini baik di pekerjaan maupun non pekerjaan. Cobalah menarik perhatian dari orang yang menginterview Anda. Ceritakan juga keberhasilan proyek-proyek anda dan bagaimana anda menyelesaikan nya. Termasuk didalamnya posisi anda dalam oroyek tersebut.Sampaikan juga bahwa anda memiliki kompetensi yang baik di bidang yang akan anda lamar.
  3. Kemudian ceritakan juga harapan anda yang akan diraih dalam karir anda berikutnya. Sampaikan juga secara padat dan jelas.

Jawablah pertanyaan tersebut dengan rasa percaya diri dan penuh keyakinan. Yakinkan kepada tim rekrutmen bahwa yang anda katakan benar. Namun tetap ingat, proses interview adalah proses anda menjual diri dan kemampuan anda. Jadi persiapkan diri Anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.