Lakukan 4 Tips ini Sebelum Memulai Bisnis

Lakukan 4 Tips ini Sebelum Memulai Bisnis

Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis yang sukses, kebebasan finansial dan bisa mengatur waktunya sendiri. Kesuksesan itu merupakan impian setiap orang. Namun, memulai dari awal merupakan hal yang menantang. Risiko kegagalan sangat tinggi bagi yang baru memulainya. Bahkan ada sebagian orang sudah mengurungkan niatnya berbisnis ketika melihat risikonya tersebut.Memang menghindari kegagalan ini tidak mudah, tapi setidaknya kita harus memiliki cara-cara berikut untuk mengurangi risiko tersebut. Atau kalau bisa membuka peluang menjadi sukses.

  1. Tentukan jenis bisnis yang akan anda jalankan
    Amati saja bisnis yang telah dilakukan orang lain. Pelajari seluk beluknya termasuk kegagalan atau kesuksesan orang yang sedang menggeluti jenis bisnis yang akan anda jalani. Berpikirlah kreatif dengan memberi nilai tambah pada bisnis yang dijalankan. Memberikan nilai tambah akan memberikan keunikan pada bisnis Anda. Cari cara agar bisnis yang akan anda jalankan memiliki strategi yang lebih baik
  2. Siapkan rencana bisnis sederhana
    Tentukanlah target yang akan anda capai. Apakah yang anda lakukan dalam meraih target yang ditentukan tadi. Berapa besar biaya yang akan Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis ini. Tentukan pula jumlah produk atau layanan yang anda bisa jual agar bisnis anda dapat berjalan lama. Lambat laun, Anda akan memiliki pemikiran stragis dalam menjalankan bisnis tersebut.
  3. Tentukan siapa pelanggan Anda
    Memilih target pelanggan/konsumen akan membantu anda lebih fokus menjalankan bisnis ini dalam menjangkap pasar. Lakukan riset kecil untuk mencoba mengetahui siapa konsumen yang akan anda sasar. Dengan riset, Anda akan mengetahui secara detail seperti apa dan siapa konsumen, Bagaimana caranya agar produk anda diterima oleh konsumen tersebut. Akan lebih baik lagi, kalau anda berdiskusi dengan orang-orang yang telah menggeluti bisnis yang sama dengan bisnis yang akan anda jalankan.
  4. Tentukan harga yang tepat.
    Jangan terjebak dalam persaingan harga. Pelayanan dan kualitas produk yang baik bisa menyenangkan bagi konsumen. Harga yang ditetapkan tidak hanya menutupi biaya produksi dari bisnis Anda tapi juga harus menghasilkan keuntungan.

Menjalankan bisnis banyak sekali kondisi yang tidak terduga. Kondisi ini yang selalu menjadi ancaman yang menakutkan sebagian besar pebisnis. Jadi siapkan mental sebaik-baiknya ketika memulai bisnis. Jangan mudah menyerah ketika Anda menghadapi kegagalan kecil.

Yakinlah bahwa pintu rezeki telah dibukakan Tuhan untuk Anda

CATEGORIES
TAGS
Share This