Menjaga Data Digital Anda Tetap Aman

Menjaga Data Digital Anda Tetap Aman

Saat ini Anda mungkin belum memikirkan atau terpikir bahwa suatu ketika kehilangan data digital yang penting dalam pekerjaan Anda. Data yang telah Anda buat dalam pekerjaan atau berbagai rencana yang telah dirumuskan hilang seketika akibat harddisk atau flash rusak. Anda pasti merasa panik dan bahkan berpikiran seakan terjadi kiamat kecil. beberapa hal dibawah ini akan membantu anda mencegah situasi yang tidak mengenakkan tersebut.

  1. Buatlah backup data sekarang
    Siapkan flashdisk atau harddisk back up (cari yang murah). Pindahkan data digital anda ke dalamnya. Pilah dan pilihlah data yang menurut anda penting.
  2. Kategorikan data berdasarkan prioritas berdasarkan nilai
    Ini akan memudahkan Anda dalam mengelola data-data tersebut. Anda tidak mem-back-up seluruh data dalam komputer. Berdasarkan prioritas tersebut, Anda dapat menentukan waktu menghapus data tersebut.
  3. Waspada penyimpanan data secara online
    Anda harus menyadari bahwa layanan online bukanlah tempat menyimpan data secara permanen. Ingatlah, layanan online tersebut pasti akan mengalami pasang surut. server mereka doen, dan data anda akan hilang selamanya.
  4. Mulailah membuat backup
    Ingatlah, Lebih baik lakukan daripada tidak sama sekali. Lakukan backup secara sederhana. Tidak perlu membuat strategi backup yang rumit. Lakukan saja.

    • Tahap pertama
      Beli Flash disk yang murah. pindahkan folder anda ke flash disk tersebut.
    • Tahap Kedua
      Ketika Anda tahu data anda sangat penting, maka belilah Harddisk eksternal. Mulai simpan data Anda ke sana. Harddisk eksternal ini memiliki space yang cukup besar, Anda dapat menyimpan berbagai data dengan prioritas yang lebih rendah.
    • Tahap ketiga
      Lakukan Back up secara otomatis. Ini akan memudahkan anda dalam melakukan backup. Beberapa harddisk eksternal yang beredar di pasaran telah dilengkapi dengan fitur backup otomatis ini.
    • Tahap Keempat
      Lakukan backup di beberapa tempat. Jadi lakukan back up ini dua kali. Tempatkan data backup yang kedua di lain tempat. Hal ini berguna bila tempat data pertama terkena musibah, Anda masih memiliki back up yang lain.
  5. Berhati-hati menggunakan Backup data online
    seperti telah diuraikan di atas, kita tidak boleh bergantung pada mereka, Tetap lakukan backup oleh anda sendiri. Jangan hapus data yang dimiliki di hard disk Anda
  6. Jangan lupakan perangkat mobile Anda
    Anda harus backup data, foto dan video yang ada di perangkat mobile anda. jangan lupakan data yang ada didalamnya.
  7. Periksa kembali hasil backup anda di media yang anda gunakan
    Jangan langsung percaya pada media penyimpanan Anda. Periksalah, jika gagal, lakukan penyimpanan kembali.
  8. Perangkat lunak untuk membuka data tetap harus ada
    Ini salah satu yang juga penting. Perangkat lunak yang anda gunakan saat ini, juga harus ikut di backup. Mungkin saja, ketika anda membuka 10 tahun lagi. Data tersebut tidak dapat dibuka dengan perangkat lunak yang ada.
CATEGORIES
TAGS
Share This