Linglung Ketika Bangun Tidur, Bagaimana Mengatasinya?

Linglung Ketika Bangun Tidur, Bagaimana Mengatasinya?

Pulang larut malam atau kerja lembur semalaman, merebahkan tubuh di tempat tidur adalah hal yang menyenangkan.  Pagi telah datang pun tidak terasa. Alarm berbunyi dimatikan, berbunyi lagi dan dimatikan lagi. Dan setelah menyadari jam sudah semakin siang. Anda akan kaget dan langsung lompat dari tempat tidur karena kesiangan. Bahkan ada bertanya dalam hati, ada dimana? Jam berapa? Ada dimana?

Tidur panjang dan nyenyak tidak menjamin Anda dapat bagun dengan segar di pagi hari. Sebagian dari pembaca mungkin mendapati badan terasa lemah, pegal-pegal, pusing bahkan linglung. Linglung… ya kondisi yang diuraikan tadi bisa disebut dengan linglung atau sering juga dikatakan “nyawa belum ngumpul”.

Linglung umumnya hanya berlangsung selama 15 menit. Dan selama linglung anda akan terlihat bengong dan sulit melakukan aktivitas. Linglung atau disebut dengan sleep inertia adalah fase tidur dengan kadar hormon melatonin yang tinggi. Melatonin adalah hormon yang terbentuk selama kita tidur. Semakin panjang tidur, melatonin yang dihasilkan akan semakin banyak. Linglung dapat juga disebabkan karena terbangun dengan kondisi kaget.

Jangan melakukan aktivitas dalam keadaan linglung, bekerja bahkan menyetir karena dapat menimbulkan kecelakaan. Namun linglung juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena dapat mengganggu produktivitas, daya ingat, konsentrasi dalam bekerja dan kemampuan mengambil keputusan.

Berikut adalah tips mengatasi linglung seusai bangun tidur

  • Biasakan bangun pagi
    Karena orang yang biasa bangun pagi jarang terkena linglung. Orang-orang ini memiliki alarm bangun pagi secara alami dan otomatis.
  • Mandi dan minum kopi dapat menjadi pilihan untuk mengurangi linglung.
  • Untuk Anda yang bekerja malam hari, dianjurkan untuk tidur siang sebelum begadang
  • Hindari penggunaan alarm, karena alarm akan mengagetkan anda dan menyebabkan timbulnya linglung.

Nah, apakah anda sering mengalami linglung ketika bangun tidur? Jika Ya, cara paling mudah menghidarinya adalah ubah gaya hidup anda dengan memulai bangun pagi.

CATEGORIES
TAGS
Share This