Ini Cara Memilih Handuk yang Baik

Ini Cara Memilih Handuk yang Baik

Siapa yang tidak mengenal handuk? Salah satu perlengkapan mandi untuk mengeringkan tubuh. Namun, handuk ini sering luput dari perhatian kita. Memang, handuk ini hanya dipakai beberapa detik saja. Tapi siapa sangka kalau handuk ini mempengaruhi kesehatan kita. Anda perlu tahu cara memilih handuk yang tepat, baik untuk mandi, saat berolahraga maupun untuk sang buah hati.

Handuk Sehari-hari
Saat menggosokkan handuk ke tubuh kita, sel-sel kulit mati akan terlepas dan tersangkut di handuk. Sel kulit mati ini menjadi sasaran empuk bagi kuman. Dan tidak asing lagi bahwa handuk adalah sarangnya kuman. Apalagi ketika handuk selesai digunakan dalam keadaan basah dan lembab. Handuk itu menjadi tempat ideal kuman untuk berkembang biak.
Berikut adalah hal-hal yang anda harus perhatikan ketika memilih handuk.

  • Bahan
    Perhatikan label handuk tersebut, ketahui dari bahan apa handuk itu dibuat. Bahan handuk yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari katun, poliester atau campuran. Yang paling baik adalah yang terbuat dari katun 100%. Namun, kualitas katun juga berbeda-beda, jadi pilihlah katun yang ringan. Karena katun yang berkualitas baik memiliki bobot yang lebih ringan dari katun biasa.
  • Kerapihan Jahitan
    Handuk berkualitas baik dapat dikenali dari jahitannya yang kuat. Handuk ini juga pasti akan terlihat menarik. Di pasaran juga terdapat handuk dengan buatan tangan dan memiliki kualitas yang lebih baik. Walau harganya lebih mahal, handuk ini jauh lebih awet dan kelihatan menarik.
  • Warna
    Pastikan handuk yang anda beli tidak luntur. Handuk yang baik tidak banyak mengeluarkan lunturan warna yang banyak. Kalau bisa anda mengecek terlebih dahulu dengan menyiramkan air ke handuk tersebut.
  • Ukuran dan Motif Handuk
    Pastikan handuk anda sesuai dengan tubuh anda. Jika kebesaran, handuk akan menyulitkan anda. Jika terlalu kecil juga tidak dapat menutupi tubuh anda. Motif handuk juga dapat dipilih sesuai dengan selera anda.
  • Kelembutan dan daya serap
    Kelembutan handuk harus menjadi perhatian juga, karena semakin lembut tidak akan menimbulkan gesekan pada kulit terlalu keras . Gesekan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda dan banyak sel kulit yang dapat tersangkut pada handuk. Selain itu, pilihlah handuk yang memiliki daya serap baik. Cara menilai daya serap handuk bisa dengan meneteskan air ke handuk. Handuk yang memiliki daya serap baik, akan langsung menyerap air tersebut. Sebaliknya, handuk berdaya serap buruk akan meluncurkan tetesan air tersebut tanpa diserap.

Handuk Olahraga
handuk-olahragaHanduk yang digunakan untuk olahraga adalah handuk yang berfungsi untuk menyerap keringat. Handuk olahraga biasanya berukuran kecil hampir sama dengan handuk tangan. Handuk keringat ini harus memiliki kualitas serupa dengan handuk mandi. Jika anda menyukai olahraga air, ada baiknya anda menggunakan handuk yang terbuat dari bahan chamois sintentik. Mirip dengan lap mobil, handuk chamois ini dapat menyerap air.
Handuk olahraga yang terbuat dari katun sebaiknya dicuci setelah digunakan. Tujuannya adalah untuk mencegah kuman berkembang biak dan menghilangkan bau keringat dengan segera.

 

Handuk Bayi

Handuk bayi harus lembut dan hangatHanduk untuk bayi sebaiknya yang memiliki bahan yang tebal, lembut dengan penutup kepala berbentuk segitiga. Handuk bayi harus tetap lembut walau telah beberapa kali dicuci. Jika bayi anda memiliki kulit yang sensitif sebaiknya anda memilih handuk dengan bahan hipoalergenik. Cucilah handuk bayi dengan detergen yang lembut. Hindari penggunaan pewangi pakaian karena akan menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Handuk yang baik biasanya memiliki label yang dijahit bukan sablonan yang cepat hilang bila dicuci. Label itu tercantum bahan, nama, dan nomor telepon produsen, tempat produksi hingga cara mencuci.

CATEGORIES
TAGS
Share This