Home Wirausaha Lakukan Riset Pasar Sebelum Mulai Berbisnis
0

Lakukan Riset Pasar Sebelum Mulai Berbisnis

Lakukan Riset Pasar Sebelum Mulai Berbisnis
195
0

Ketika kita berpikir untuk memulai usaha tertentu, ada baiknya kita mengetahui lingkungan bisnis yang akan kita masuki. Hal ini penting untuk mengetahui seluk beluk bisnis yang akan Anda geluti. Keinginan calon pelanggan untuk bisnis Anda. Kegiatan ini biasa dikenal dengan riset pasar.

Dengan mengetahui industri bisnis yang kita geluti, apa yang diinginkan calon pelanggan, kita dapat menciptakan produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Hasil dari riset pasar, kita juga dapat menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk produk kita. Strategi Positioning/Branding produk juga dapat kita tentukan dari hasil analisa riset pasar.

Dengan riset pasar, diharapkan bisnis yang kita geluti dapat berjalan berkelanjutan dan berkembang dengan baik. Biasanya bisnis yang tidak dimulai dengan riset pasar tidak akan berlangsung lama.

Berikut ini beberapa cara yang umum dilakukan dalam riset pasar :

  1. Lakukan survey pasar
    Survei pasar dapat anda lakukan dengan membuat survei, melalui angket atau kuisioner kepada masyarakat. Atau Anda juga dapat melakukan wawancara langsung kepada masyarakat. Dari kegiatan tersebut Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili dari hasil survey yang didapatkan di lapangan. Semakin luas jangkauan masyarakat yang Anda survey, maka semakin valid pula hasil yang diperoleh.
  2. Amati perkembangan pasar
    Selain melakukan survei kepada masyarakat, Anda dapat mengamati perkembangan pasar yang ada saat ini. Amati trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk yang sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya melemparkan sebuah produk ke pasaran.
  3. Lakukan uji pasar
    Sebelum meluncurkan produk baru, sebaiknya lakukan uji pasar di beberapa lokasi usaha, untuk mengetahui respon pasar terhadap produk Anda. Misalnya saja dengan menitipkan produk Anda di toko-toko atau warung yang ada di sekitar Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui respon pasar untuk menyempurnakan produk Anda sebelum ditawarkan ke pasaran yang lebih luas.
  4. Lakukan analisis pesaing (Competitor Analysis)
    Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda mengetahui tingkat persaingan yang ada di pasaran. Tawarkan inovasi baru untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing. Agar produk Anda tidak kalah saing di tengah-tengah pasar yang sudah ramai.

Semua usaha kecil harus menyadari akan pentingnya pengetahuan mengenai ceruk pasar yang mereka garap dan kekuatan yang mereka coba tawarkan ke pasar. Riset membantu usaha rintisan membuat produk yang menakjubkan, mereka juga dapat dengan mudah jatuh jika pasar dalam area tersebut tidak menanggapi jenis produk yang yang ditawarkan dengan positif.

Mengingat pentingnya riset pasar sebelum memulai bisnis dan memasarkan produk. Maka sebisa mungkin lakukan riset, sebelum Anda melangkah. Agar strategi pemasaran yang Anda gunakan tepat sasaran, dan memberikan hasil yang maksimal.

(195)