Home Kesehatan Anda Sulit Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia
363

Anda Sulit Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia

Anda Sulit Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia
167
363

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan tidur di tengah malam ketika Anda sedang mengalami keletihan setelah beraktivitas di siang hari. Kondisi ini sangat tidak menyenangkan bukan… Atau Anda berkali-kali terbangun di tengah malam kemudian sangat sulit untuk kembali tidur. Padahal biasanya Anda tidak pernah mengalami kesulitan tidur dan sangat mudah untuk tertidur.

Kurang tidur akan menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi, badan tidak nyaman, letih dan mengantuk. Gejala-gejala ini bisa jadi merupakan gejala insomnia. Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur. Insomnia itu sendiri terdiri dari insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer adalah jika seseorang mengalami kesulitan tidur tidak didahului atau terkait oleh masalah kesehatan lain. Sedangkan insomnia sekunder adalah gangguan tidur karena disebabkan sedang mengalami masalah kesehatan seperti penyakit asma, depresi, kanker dan lain-lain.

Dalam kondisi sakit ini biasanya diakibatkan oleh pengaruh konsumsi obat-obatan.
Insomnia dapat berlangsung pendek (insomnia akut) atau berlangsung lama (insomnia kronis). Insomnia dapat hilang dan muncul kembali.

Insomnia akut dapat terjadi selama satu malam sampai beberapa minggu. Sedangkan insomnia kronis berlangsung setidaknya tiga malam dalam seminggu selama satu bulan atau lebih.

Penyebab Insomnia
Insomnia akut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Stres
  • Penyakit atau kondisi kesehatan
  • Terjadi gangguan mental atau mengalami ketidaknyamanan emosional atau fisik
  • Suasana bising, cahaya atau cuaca ekstrem
  • Akibat konsumsi obat-obatan
  • Akibat jet lag atau peralihan shift kerja dari shift kerja pagi ke kerja malam

Tips Mengatasi Insomnia
Insomnia akut tidak memerlukan pengobatan yang serius. Insomnia akut dapat diatasi dengan mengubah pola hidup dan membiasakan tidur yang baik atau tidur yang berkualitas. Hindari penggunaan obat tidur untuk kondisi insomnia karena obat memiliki efek samping yang tidak diinginkan dan cenderung akan mengakibatkan  hilangnya efektivitas obat ketika digunakan terus menerus.

Jika insomnia berlanjut, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi perilaku. Pendekatan perilaku dapat membantu penderita untuk mengubah perilaku yang dapat memperburuk insomnia yang diderita. Latihan relaksasi, sleep restriction therapy dan rekondisi mungkin akan sangat bermanfaat.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi insomnia.

  • Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari. Hindari tidur siang karena akan menyebabkan Anda tidak mengantuk di malam hari.
  • Hindari kafein, nikotin dan alkohol di malam hari.
    Kafein dan nikotin bersifat stimulan dan dapat mencegah Anda mengantuk dan tertidur. Alkohol dapat menyebabkan kualitas tidur anda berkurang karena Anda dapat terbangun beberapa kali.
  • Olahraga teratur
    Hindari berolahraga di saat-saat mendekati waktu tidur. Hal ini akan menyebabkan sulit untuk tidur. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal setidaknya tiga sampai 4 jam sebelum tidur.
  • Hindari makan makanan berat di malam hari.
  • Buatlah lingkungan kamar senyaman mungkin
    Pastikan kamar tidur Anda gelap, tenang setidaknya tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Gunakan masker jikan anda bermasalah dengan cahaya kamar atau penutup telinga Anda menilai lingkungan Anda terlalu bising.
  • Lakukan rutinitas yang membantu anda bersantai sebelum tidur seperti membaca buku atau mendengarkan musik.
  • Hindarkan kamar tidur Anda menjadi ruang untuk kegiatan tidur Anda.

(167)

tags: