Home Kesehatan Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Setiap Hari?
0

Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Setiap Hari?

Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Setiap Hari?
1.13K
0

Air memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bahkan manusia sendiri memiliki kandungan air sebanyak 60% – 80% air. Kandungan pada air tergantung juga usia manusia itu sendiri. Semakin tua, kandungan air pada tubuh akan berkurang.

Pada bayi, kandungan air dalam tubuh bisa mencapai 75%-80%. Sedangkan pada manusia dewasa kandungan air akan berkurang sampai mencapai 60%-65% untuk pria dan 50 – 60% untuk wanita. Kadar air pada otak manusia bisa mencapai 90% dan Darah mencapai 95%. Sedangkan kandungan air pada tulang hanya 10% – 15%.

Mengingat pentingnya air untuk tubuh, kita dianjurkan untuk selalu minum air yang cukup. Tapi tahukah anda, Orang yang mengalami masalah obesitas atau kegemukan memiliki prosentase kandungan airnya lebih sedikit dibanding yang normal. Kandungan air mereka bisa kurang dari 60%. Penyebabnya adalah kandungan air dalam lemak hanya sekitar 10%. Nah, sekarang berapa banyak air yang harus kita minum. Karena dengan minum air yang cukup dapat juga menurunkan berat badan.

Nah, sekarang berapa banyak jumlah air yang harus kita minum setiap hari sesuai dengan berat badan?
Jika kita asumsikan kebutuhan tubuh kita untuk 1 kg berat badan, kebutuhan air minum kita adalah 32 ml air. Maka kebutuhan Air minum per berat badan adalah sebagai berikut:

kg Berat Badan ml Air Gelas 200 ml
1 31 0
50 1563 8
60 1875 9
70 2188 11
80 2500 13
90 2813 14
100 3125 16

Rata-rata dalam sehari, air yang dikeluarkan melalui urine adalah 1.5 liter, dan 1 liter dari keringat, nafas dan feses. Namun Makanan telah menyumbangkan 20% dari kebutuhan air per hari. Jadi untuk memenuhi kebutuhan air harian, disarankan untuk minum 2 liter per hari atau minimal 8 – 10 gelas.

Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari air untuk tubuh kita? Selain untuk menghilangkan rasa haus dan mencegah dehidrasi. Air memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, seperti: sakit kepala, asma, darah tinggi, bronchitis, kencing manis, kurang darah, TBC, paru-paru, rematik, radang otak, batu ginjal, haid tidak teratur, diabetes, penyakit saluran kencing, leukimia, asam urat, mencret, kanker payudara, gangguan jantung, stroke, disentri, radang tenggorokan, ambien, sembelit, dan  batuk.
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Mengontrol kalori dan mengurangi berat badan
  • Menyehatkan kulit
  • Mengurangi stress dan depresi
  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Baca : Minum Air Putih dapat Menurunkan Berat Badan

Tahukah anda sebenarnya ada cara sehat minum air yang baik? Berikut adalah tips sehat minum air.

  • Aturlah jarak waktu minum, jangan terlalu sering dan terlalu jarang.
  • Biasakan minum air sehabis buang air kecil.
  • Biasakan minum air di pagi hari saat kita baru bangun tidur.
  • Jangan minum terlalu banyak air dalam sekali minum, karena justru akan memperberat kerja jantung dan ginjal.
  • Minum air sebaiknya dalam jumlah sedikit dengan frekwensi sering, jangan menunggu rasa haus muncul baru meminum air.
  • Bagi Anda yang berpuasa disarankan mengkonsumsi cukup air  saat buka dan sahur.

Nah, minumlah air secara teratur. jangan kekurangan air dan jangan pula kebanyakan air. Buatlah seimbang antara makan dan minum. Anda juga bisa mengurangi jumlah air yang anda minum dengan syarat Anda harus makan yang banyak airnya seperti sayur-sayuran.

(1131)