Home Gaya Hidup 6 Tips Memilih Sekolah Usia Dini yang Tepat untuk Si Kecil
0

6 Tips Memilih Sekolah Usia Dini yang Tepat untuk Si Kecil

6 Tips Memilih Sekolah Usia Dini yang Tepat untuk Si Kecil
39
0

Ketika si kecil mulai beranjak besar, kita pastinya mulai memikirkan pendidikan bagi si kecil. Memilih sekolah usia dini tidak dapat dikatakan mudah. Dasar pendidikan usia dini adalah transfer character, bukan transfer knowledge. Pada pendidikan inilah harapan agar si kecil memiliki perkembangan secara utuh dan sempurna sebagai bekal dasar dan utama bagi kehidupan si kecil di masa datang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pada orang tua yang tetap ingin menyekolahkan si kecil pada pendidikan usia dini. Lakukan beberapa hal berikut ini, agar yakin dengan pilihan Anda.

  • Kunjungi dan Lihat Langsung Kondisi Sekolah
    Tidak ada cara yang terbaik selain melihat langsung kondisi sekolah. Perhatikan bagaimana para pembimbing atau pendidik berinteraksi dengan anak-anak. Idealnya, mereka duduk bersama di lantai dengan anak-anak ketika sedang berinteraksi.
  • Tanyakan Komitmen dan Gali Pengalaman Mereka
    Anak-anak butuh perlakuan yang konsisten dan sesuai peraturan. Tanyakan komitmen mereka sebagai pembimbing berdasarkan pengalaman mereka. Paling tidak, jika pembimbing sudah menjalankan profesinya sekana setahun penuh tanpa ada masalah yang berarti dia sudah cukup layak.
  • Cari tahu Kebijakan dan Peraturan yang Berlaku di Sekolah
    Pada setiap sekolah usia dini, mereka menawarkan berbagai kebijakan yang diterapkan. Periksa apakah semua yang berjalan sesuai dengan yang dijanjikan. Misal, kualitas camilan makan siang yang diberikan, fasilitas multimedia yang digunakan.
  • Lakukan Kunjungan Mendadak ke Sekolah
    Jangan membuat janji dengan penyelenggara. Datanglah secara tiba-tiba di hari sekolah. Anda akan mendapat gambaran yang lebih nyata dengan kondisi sehari-hari di sekolah.
  • Aktiflah Berbicara dan Bertanya
    Ini penting jika anak Anda belum bisa atau lancar berbicara. Anda perlu aktif untuk bertanya dan berdiskusi. Jangan mau menerima begitu saja penjelasan pembimbing tentang anak Anda. Bersikap kritis sangat penting untuk mendapat informasi yang detail.
  • Jangan Ragu Berdiskusi dengan Penyelenggara
    Anda akan dapat mengetahui prinsip-prinsip pengasuhan dan pembimbingan yang digunakan ketika berdiskusi. Misalnya, bagaimana cara mereka mereka menghadapi dan menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi antara anak atau menangani anak yang bermasalah.

Baca juga: Tips Memilih Penitipan Anak                    Tips Membawa Anak ke Kantor

(39)